Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Website Instan

Bagaimana Menjadi Admin Mikrotik


Kali ini penulis akan memberikan sedikit pencerahan mengenai bagaimana caranya untuk menjadi seorang administrator jaringan khususnya administrator jaringan dengan menggunakan mikrotik router. Seorang programmer tanpa dasar algoritma yang benar akan bingung ketika pembuatan program, atau programmer tidak mengenak syntax bagaimana jadinya?

Dibawah ini, adalah langkah-langkah untuk siap menjadi seorang admin.
  • Intentions & mental

    Salah satu yang paling utama, kalau tidak ada niat mana bisa. Niat untuk mempelajari dan mental ketika terjadi gangguan jaringan internal maupun luar. Ada kalanya jaringan krodit, tidak konek, hostpot login tidak muncul, dns error dsb. Lalui permasalahan itu dengan troubleshooting yang jelas dan benar.
  • Network Basic

    Dalam hal ini, Anda sudah pernah membuat LAN, memberikan IP kepada client, pembuatan kabel, network data or printer sharing. Memahami IP Address, Subnetting. Setting Access point, bridging, firewall dst.
  • Internet Application

    Sudah pasti terinstall pada tiap-tiap PC, meskipun hanya IE. Aplikasi internet ini digunakan untuk browsing, aplikasi LAN, ujicoba download, ujicoba streaming.
  • Network Testing

    Memahami jika suatu nanti terjadi trouble, pengujian interkoneksi, ataupun menggunakan sintak-sintak dasar seperti:
tracert
ping
ping -t
...
  • TCP/IP

    Memahami atau setidaknya mengetahui mengenai TCP/IP. Pada saat Anda melakukan konfigurasi firewall misalnya, Anda akan menemukan port-port, jenis protokol misalnya TCP, ICMP, HTTP, FTP dsb.
  • Network Security

    Pasti ada client ataupun user external yang iseng-iseng ngoprek jaringan kita. Telusuri dan temukan bagaimana caranya orang iseng tadi ngoprek atau uji coba apapun ke jaringan kita. Jalur mana yang boleh diakses, dan jalur mana yang tidak boleh diakses, pada saat pembuatan firewall Anda harus mengenali dahulu siapa client yang akan Anda tangani nanti.

Nah, itulah sobat rhiel.web.id sedikit cerita mengenai how to be an mikrotik admin. Seiring dengan waktu, ketika Anda sudah menggunakan mikrotik router pada jaringan Anda, Anda akan memahami dan belajar dari sesuatu yan akan Anda temukan.

_ rhiel _

Posting Komentar