Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Website Instan

Pengertian Webserver dan Fungsinya

Seperti yang sudah dijelaskan pada dictionary kami, Web server adalah software aplikasi yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada user menggunakan web browser (Chrome, Mozzile, Opera, Safari dll). Nah sobat, website itu dapat berjalan dengan adanya webserver, atau platform aplikasi untuk menjalankan website tersebut.

Lalu apa fungsi inti dari Webserver ini?

Fungsi utamanya adalah untuk memberikan jawaban dari request user dan memberikan data sesuai dengan permintaan user, dimana user melakukan request melalui web browser yang pada umumnya melalui protokol TCP/IP Port 80, atau melalui port lainnya yang telah dimodifikasi. Apa yang diminta oleh user? seperti teks, gambar atau video.



Aplikasi seperti apa yang digunakan?
Pada umumnya, dibelakang sebuah website menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan php ini akan running dengan menggunakan web server bernama Apache. Apache ini paling banyak digunakan karena seperti yang sudah admin sebutkan, dibelakang website banyak menggunakan bahasa pemrograman PHP.



Apache ini adalah salah satu web server yang terkenal saat ini, namun sebetulnya masih banyak juga selain apache, misalkan IIS dari Windows yang dapat menjalankan bahasa pemrograman IIS. Apache ini berbasif freeware dan sobat dapat menggunakannya pada pc lokal sobat, untuk mempelajari bahasa pemrograman PHP khususnya. Apache ini juga dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi. Itu sekilas saja ya sobat mengenai apache nya, nanti akan ada pembahsan khusus lebih mendalam lagi.

Terima kasih,

Semoga bermanfaat
_rhiel_

Posting Komentar