Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Website Instan

Fitur Tersembunyi OmniBox Google Chrome Yang Jarang Diketahui

Google Chrome adalah browser yang sangat populer saat ini. Google Chrome pertama kali di rilis oleh Google pada tanggal 2 September 2008 yang awalnya hanya dapat digunakan pada jenis OS Windows. Dalam persaingan yang ketat, Chrome dengan sangat cepat menjadi juara dibandingkan dengan browser lainnya.

Kelebihan dari google chrome salah satunya adalah kecepatan dan keamanan. Google tidak memungkiri, pengguna akan sangat menyukai dengan kecepatan dalam load suatu website, selain load website google chrome sangat cepat ketika dibuka. Ditengah keramaian online shopping ataupun hanya surfing, maka keamanan pada saat bertansaksi sangatlah diperlukan, google chrome menyediakan keamanan yang sangat baik. Google Chrome akan memberi tahu user jika website yang akan dikunjungi berbahaya atau berisi penipuan. Situs ini juga disebut situs "phishing" atau "malware".

Jika anda belum menggunakan google chrome, dan tidak tahu bagaimana cara menggunakannya, silahkan simak video berikut.

https://www.youtube.com/watch?v=RE5LoyGSdUI&t=8s

Sebetulnya banyak kelebihan google chrome dibandingkan dengan yang lainnya, namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai kelebihan itu, tetapi kita akan membahas mengenai fitur-fitur tersembunyi omnibox google chrome yang jarang diketahui oleh user.

Sebelumnya kita ketahui dahulu apa itu omnibox?

Omnibox pada google Chrome adalah tempat untuk melakukan pencarian atau biasa disebut dengan address bar pada web browser, pada google chrome ternyata omnibox memiliki fungsi-fungsi tertentu untuk mempercepat pekerjaan kita.



Untuk menggunakan fitur-fitur yang akan kita bahas kali ini, pada fitur tertentu anda dapat menggunakan bahasa indonesia, misalnya untuk mengetahui cuaca saat ini anda dapat menggunakan klimat "Cuaca" atau "Weather" atau dapat juga menggunakan bahasa lainnya asalkan sesuai dengan bahasa fitur itu sendiri. Mari kita simak fitur apa saja yang dapat digunakan pada omnibox tersebut.

Omni Box sebagai Translator



Google Translate adalah salah satu produk yang dikeluarkan oleh google. Layanan ini dapat dingunakan secara gratis, dan dapat digunakan sebagai translator dalam banyak bahasa. Selain membuka alamat resminya yaitu:

translate.google.com

anda dapat menjalankan translator ini dengan menggunakan omnibox atau address bar pada google chrome, hanya mengetikkan kalimat
translate

maka akan muncul kotak dialog baru pada hasil pencarianna. Jika anda ingin lebih spesifik untuk menggunakan translate, anda bisa menambahkan kalimat tersebut dengan tujuan bahasa yang akan di translate, yaitu dengan menambahkan to
translate to indonesia

Omni Box sebagai Calculator




Sebetulnya os sudah menyediakan fitur kalkulator tersebut, namun apasalanya kita menggunakan web browser sebagai media penyedia aplikasi calculator. Anda dapat dengan mudah dan cepat untuk mengakses kalkulator pada goolge chrome dengan mengetikkan:
calculator

maka layar kalkulator akan muncul pada hasil pencarian

Omni Box sebagai Currency Converter




Terkadang kita sulit untuk mendapatkan kurs rupiah saat ini, selain itu kita harus melakukan perhitungan untuk mengkorversi dari rupiah ke dollar maupun sebaliknya. Google chrome menyediakan fasilitas untuk mengetahui kurs saat ini. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan konversi rupiah ke dollar, maupun ke jenis mata uang yang lainnya. Anda dapat mengakses fitur ini dengan mengetikkan:
currency

Omni Box sebagai Informasi Cuaca




Jika kita memiliki smartphone minimal android, sudah tentu dengan mudah kita mengetahui cuaca saat ini. Hanya tinggal melihat widget weather maka anda sudah dapat mengetahuinya. Chrome memiliki fitur ini dan memberikan infomasi yang cukup detail, bukan hanya cuaca juga prakiraan cuaca pada hari berikutnya. Untuk dapat mengakses fitur ini hanya dengan mengetikkan:
weather

maka chrome akan mendeteksi secara otomatis dimana lokasi anda berada, jika anda menginginkan lokasi lain, hanya memassukkan nama kota tersebut, misalkan:
weather bandung

Omni Box sebagai Unit Converter




Selain menyediakan konversi kurs mata uang, chrome memiliki converter lainnya yang cukup lengkap, yaitu Unit Converter. Anda dengan cepat dan mudah melakukan konversi unit misalna 1Gb berapa MB. Unit yang disediakan oleh google chrome antara lain:

  • Area

  • Data Transfer Rate

  • Digital Storage

  • Energy

  • Frequency

  • Fuel Economy

  • Length

  • Mass

  • Plane Angle

  • Pressure

  • Speed

  • Temperature

  • Time

  • Volume


Banyak sekali yang disediakan oleh google chrome untuk melakukan konversi unit tersebut. Untuk mengakses fitur tersebut, anda dapat mengetikkan:
unit converter

Omni Box sebagai Color Picker




Bukan hanya aplikasi penyedia desain yang dapat memberikan angka Hex pada suatu warna. Google chrome menyediakan fitur untuk pengambil warna untuk memudahkan anda sebagai grafis desainer untuk menentukan angka hex dalam warna. Untuk mengunakan fitur tersebut, yang harus digunakan adalah:
Color Picker

Demikianlah fungsi tersembunyi dari OmniBox Google Chrome yang dapat kita gunakan untuk dapat membantu mempercepat pekerjaan kita.

Omni Box Untuk Mengetahui Jadwal Bioskop dan Jadwal Pertandingan Liga Bola


Nah ini yang unik, ternyata bukan hanya untuk mempermudah pekerjaan, untuk mengetahui jadwal pun bisa, Coba untuk mengetahui jadwal bioskop yang sedang rame kali ini adalah:
The Mummy 2017

maka akan muncul jadwal lengkap lokasi dan jam tayangnya di bioskop pada area tertentu (dideteksi oleh location)
Untuk jadwal liga bola tinggal mengetikkan (misal Liga Inggris):
english league schedule

Omni Box Untuk Mengetahui IP Public


Google terus mengembangkan fungsi dari Omni box ini, biasanya untuk mengetahui IP Public kita harus membuka web tertentu untuk mendapatkan berapa ip kita, dengan omni box kita dapat dengan cepat untuk mengetahuinya:
ip address

Semoga bermanfaat.

_rhiel_

1 komentar

  1. first comment, yeeey!