Website Instan

Cara Menggunakan Google Short URL

Setelah membahas mengenai fungsi dari short url. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana membuat dan memanfaatkan short url tersebut. Seperti yang kita tahu, website penyedia layanan short url itu sudah cukup banyak, dan setiap penyedia layanan tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

Kali ini kita akan menggunakan Google Short URL sebagai penyederhanaan link url yang akan dibagikan/share. Google Short URL ini bukan termasuk shorter yang dapat menghasilkan uang/monetisasi, google short url hanya berfungsi sebagai penyederhana link, melakukan tracking lalu lintas dan mempelajari latar belakang user yang melakukan klik pada link Anda. 

Untuk memulai menggunakan Google Short URL ini, Anda dapat mengunjungi website di url:

https://goo.gl/


dari urlnya juga sudah terlihat karakteristik short url buatan google. Silahkan kunjungi website tersebut. Jika Anda ingin melakukan tracking atau ingin menyimpan link apa saja yang sudah dikonversi menjadi link sederhana, lakukan login akun google Anda, jika belum memiliki akun google, silahkan buatlah terlebih dahulu.

Jika bingung dalam membuat akun google, silahkan pelajari artikel Membuat Account Google Dengan Mudah

Jika sudah, silahkan login pada tombol "Sign In" pada area kanan atas. Setelah itu kita sudah dapat memulai melakukan penyederhanaan link yang akan dishare.

Copy link url yang akan disederhanakan, misalkan link youtube Anda.
Copy alamat url tersebut, kemudian buka google short url yang sudah dibuka tadi. Paste pada area kolom di bawah tulisan "Simplify Your Link"

kemudian centang radio button pada reCAPTCHA, kemudian klik tombol Shorten URL. Setelah itu akan muncul pop up hasil dari konversi short url.



Nah sudah muncul, penyederhanaan link channel rhiel.id adalah

https://goo.gl/agATcr


terlihat lebih sederhana untuk lakukan sharing ke medsos maupun ke chattingan bukan?
Setelah Anda copy hasil short url tersebut, Anda dapat melakukan monitoring terhadap link yang sudah disebar. Perlu diketahui, setiap link yang disederhanakan akan muncul pada list area. Selain melakukan monitoring traffic, anda juga akan mendapatkan qrcode link url yang sudah di sederhanakan tersebut secara gratis dan otomatis.

Untuk mendapatkan laporan lalulintas data, silahkan klik tombol Analytics Data, pada tombol tersebut akan muncul halaman baru, yang menampilkan laporan traffic, lihat pada gambar berikut:


dari contoh gambar diatas, Anda dapat melakukan tracking berapa kali user mengklik link short url Anda, berdasarkan browser, jenis referral, dan platform OS. Dari laporan tersebut, kita dapat menelaah sebenarnya siapa saja yang menjadi user website kita.

Bagi Anda yang ingin melakukan sharing url Anda dengan menggunakan teknologi QrCode. Maka klik tombol QRCode pada list hasil url. Berikut adalah contoh qrcode yang dihasilkan dari channel rhiel.id 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak video tutorial berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=PCcev3dbYX8

Terima kasih, semoga bermanfaat

_rhiel_

Post a Comment