Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Website Instan

3 Cara Untuk Menginstall Wordpress

Beragam Content Management System (CMS) yang saat ini tersedia di dunia internet menjadi pilihan bagi Anda untuk menentukan CMS mana yang menjadi platform blog/situs Anda. Mulai dari blogger, wordpress, joomla, drupal dan lainnya. Bagi Anda sebagai developer atau user yang mengingingkan untuk mempublish company profile atau bisnis Anda misalnya, maka situs ini lah yang menjadi salah satu media untuk melakukan promosi.

Banyak cara untuk mendapatkan CMS yang dapat Anda lakukan, misalnya mendownloadnya, yang kemudian Anda install sendiri dan menguploadnya ke internet. Namun harus Anda pahami tahapan ketika Anda melalukan uploading data situs Anda ke internet, apakah sudah memiliki hosting dan domain?

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana untuk membuat blog secara gratis dengan menggunakan blogger, silahkan baca artikel:

Membuat Blog dengan Blogger dalam 2 Menit


Pada artikel kali ini, kita akan membahas khusus mengenai cara menginstall CMS Wordpress. Ada 3 cara dalam mendapatkn atau menginstall CMS berbasis Wordpress ini, sebelum memulai membaca artikel ini saya berharap Anda sudah memahami artikel Mengenal WordPress dan Fiturnya agar dapat membuka wawasan Anda dalam menggunakan wordpress. Bagaimana cara mendapatkan/menginstall wordpress?

1. Mendownload dari wordpress.org


Wordpress.com

Pada cara yang pertama ini adalah Anda mendownload file instalasi dari situs wordpress itu sendiri, bisa dikatakan manual installing. Yang kemudian Anda menginstallnya pada lokal komputer atau pada media hostingan. Pada langkah yang pertama ini, Anda harus memahami mengenai webserver lokal dan membuat database. Langkah sederhananya adalah:

  • Download aplikasi wordpress

  • Extract aplikasi tersebut dan simpan dalam folder public (pada cpanel) atau htdocs (pada localhost) kemudian ubah namanya sesuai dengan nama situs Anda.

  • Buatlah database kosong, misalnya db_websiterhiel

  • Buka browser, ketik localhost/namafolder dan ikuti langkah-langkah instalasinya.


Lebih detailnya simak video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=UvR-QZAL6U0
2. Menggunakan subdomain *.wordpress.com 

wordpress.orgPada cara yang ke 2 ini adalah Anda membuat situs dengan gratis. Namun dibatasi kapasitas nya hanya 3Gb per situs. Sepertihalnya blogger.com, situs Anda disimpan pada remote server atau server penyedia layanan tersebut dan nama domain akan ditambahkan dengan .wordpress.com, maka jika Anda ingin mempersingkat domain Anda, maka Anda harus mengupgradenya menjadi TLD dengan membeli domain pada penyedia domain. Langkah sederhananya adalah:


  • Buka wordpress.com

  • Pilih menu "Get Started" pilih niche situs Anda

  • Kemudian isikan 6 langkah form untuk membuat website Anda termasuk domain yang Anda inginkan.

  • Pada pemilihan nama domain, pilihlah yang free.

  • Masukkan akun email baru jika Anda belum pernah membuat akun pada wordpress.com

  • Selesai


Lebih detailnya simak video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=QuFzdXOCgBA

3. Install Melalui Cpanel > Softaculous


Cpanel Wordpress

Cara yang ke tiga ini adalah, adalah pilihan yang tepat dan mudah bisa dikatakan otomatis. Bagi Anda yang belum memahami 2 cara diatas, inlah cara sederhana untuk menginstall Wordpress. Namun sebelumnya Anda harus membeli paket domain dan hosting pada perusahaan penyedia layanan domain dan hosting. Setelah itu, Anda akan mendapatkan akun untuk login ke cpanel Anda. Langkahnya adalah:

  • Search wordpress

  • Akan muncul detail wordpress tersebut

  • Klik tombol install

  • Isikan data sesuai situs Anda, berupa nama website, title website, email, akun admin dan template

  • Setelah itu, klik tombol install

  • Selesai


Lebih detailnya simak video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=dzOjk2Boumg

Demikianlah 3 cara untuk menginstall wordpress. Bagimana? Anda tertarik untuk menggunakan cara yang ke berapa? semoga bermanfaat.

_rhiel_

Posting Komentar