Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Website Instan

7 Kategori Sistem Komputer

Ada beberapa perbedaan dalam kategori komputer yang digunakan sekarang ini. Setiap perbedaan tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan yang khusus. Sebagai contoh, suatu perusahaan meninginkan sistem data terpusat maka perusahaan tersebut perlu membagun suatu sistem client server, dimana client mengakses data mereka yang ada di server melalui jaringan.

Selain sistem client server, ada juga komputer yang digunakan untuk perseorangan misalnya desktop atau laptop, namun sekarang ini untuk bekerja tidak hanya terbatas menggunakan pc desktop atau laptop, Anda dapat juga menggunakan smartphone Anda untuk melakukan pekerjaan.

Hal lainnya adalah adanya pemanfaatan komputer degnan sistem embedded system, ini adalah aplikasi khusus yang dibangun denga sedemikian rupa hingga sistem komputer tersebut dapat dipasangkan pada media tertentu dan bekerja sesuai fungsinya. Misalnya sistem komputer yang digunakan untuk otomotif yaitu GPS yang dipasang pada dashboard mobil atau motor Anda.

Semakin berkembangnya teknologi komputer, maka sistem komputer dapat saja berfungsi untuk media lainnya, seperti yang kita ketahui sekarang adanya pemanfaatan embedded pada peralatan rumah tangga, seperti pada mesin cuci yang dapat dikonfigurasi sedemikian rupa hingga dapat bekerja sesuai instruksi yang diberikan.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai kategori sistem komputer, yang dibagi menjadi 7 kategori.

Supercomputer




Suatu sistem komputer memiliki banyak server yang saling terhubung bersama, dimana supercomputer digunakan secara keseluruhan untuk menghasilkan banyak pekerjaan atau melakukan suatu perhitungan dan simulasi yang rumit.

Super komputer beroperasi mendekati tingkat operasional komputer tertinggi saat ini. Secara tradisional, superkomputer telah digunakan untuk aplikasi ilmiah dan teknik, dimana alat ini harus menangani database yang sangat besar atau melakukan perhitungan yang besar (atau keduanya). Meskipun kemajuan seperti prosesor multi-core dan GPGPUs (unit pemrosesan grafis tujuan umum) telah memungkinkan mesin canggih untuk penggunaan pribadi, sebuah superkomputer sangat luar biasa dalam hal kinerja.

Servers/Mainframe




Komputer server biasanya tersimpan di rak dan lemari dalam ruangan khusus dengan suhu dingin. Mereka cenderung memiliki banyak core CPU dan banyak RAM, dan biasanya dijalankan dalam konfigurasi remote, tanpa layar atau keyboard. Server sering digunakan untuk menyimpan situs web, aplikasi dan sistem jaringan lainnya.

Server digunakan secara multiuser, menyediakan layanan file, layanan basis data, warehousing ataupun layanan lainya. Saat ini, sistem komputerisasi awan sedang marak digunakan, ini adalah salah satu pemanfaatan kategori server komputer.

Komputer Desktop




Desktop dan workstation tradisional, yang kita sering temui dan gunakan saat ini. Komputer desktop dapat digunakan secara individual, bentuknya dapat berupa tower ataupun landscape. Saat ini, sudah bermunculan komputer destop dengan ukuran mini, atau pc all-in-one.

Katergori desktop dapat dimiliki oleh setiap orang, karena harga yang relatif lebih murah daripada komputer server. Komputer desktop dengan GPU yang kuat, bisa digunakan oleh para arsitek untuk membuat sebuah gambar atau pemodelan 3D, komputer ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perorangan atau instansi. Misalnya pada area sekolahan, dapat digunakan sebagai media bekerja dan untuk mengakses internet.

Komputer Laptop




Seperti halnya komputer desktop, dalam kategori ini komuter laptop berbentuk lebih kecil dari pada kompuer desktop. Spesifikasi laptop bisa saja sama dengan spesifikasi yang dimiliki oleh desktop.

Laptop pada dasarnya berupa komputer portable yang dapat dilipat dengan menggunakan daya baterai untuk menjalankannya. Saat ini kita mengenal netbook, laptop dengan ukuran yang lebih kecil dari laptop biasanya. Kebutuhan akan kemudahan dalam bekerja menjadi patokan untum memilih kategori ini, dimana ukurannya kecil dan mudah dibawa-bawa juga spesifikasi yang dapat ditentukan juga sesuai pekerjaan yang kita lakukan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, laptop akan terus meningkatkan fitur dan performanya, seperti yang kita ketahui sudah bermunculan laptop/netbook dimana layarnya dapat disentuh (touchscreen) dan dapat diputar sedemikian rupa guna untuk melakukan presentasi jarak dekat.

Komputer Mobile




Semakin berkembanganya penggunakan mobile maka bermunculan Tablet, smartphone, PDA, smartwatch, dan yang lainnya, yang pada dasarnya adalah sistem komputer kecil dengan layar sentuh sebagai metode input utama.

Perangkat ini, dalam beberapa tahun terakhir, benar-benar menjadi pesaing desktop maupun laptop, seperti yang sudah ditulis pada paragraf pembuka. Pekerjaan dapat dilakukan juga pada komputer mobile. Dengan harga yang relatif murah, seseorang dapat membelinya untuk melakukan pekerjaan yang sederhana misalkan pengolah data atau angkat, bahkan teknologi saat ini sudah mendukung GPU yang tinggi, hingga membuat smartphone tersebut digunakan untuk menggambar ataupun pengeditan video.

Komputer Jaringan




Router, switch, modem dan wifi ini adalah perkembangan dari sistem komputer dan perangkat cerdas jaringan. Seperti yang kita tahu, saat ini sudah beredar sistem operasi router yang berfungsi untuk mengelola sistem jaringan. Didalamnya terdapat suatu mikro processor yang diprogram sedemikian rupa hingga dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan instruksi yang diberikan terhadap router tersebut.

Bukan hanya route, peralatan jaringan lainnya pun memiliki sistem komputer sendiri, misalya Manageable Switch, didalamnya sudah tertanam suatu sistem agar dapat berfungsi dan bekerjasama dengan komputer router, kita sebut saja sistem Vlan, Vlan dapat mengelola jalur jaringan tertentu sesuai dengan Vlan ID yang dikonfigurasi pada router utama.

Sistem Embedded




Mikro prosesor bekerja pada rangkaian perangkat yang rumit, mulai dari smartTv, mobil, hingga peralatan elektronik rumah tangga lainnya. Pemanfaatan embedded sistem ini digunakan juga oleh industri, dimana mesin-mesin tersebut menggunakan sistem komputerisasi yang ditanam kemudian diproses sedemikian rupa hingga mengerjakan sesuatu sesuai instruksi program tersebut. Contoh lainnya adalah pada industri mobil, mobil dapat memiliki sistem komputer yang canggih, yang digunakan untuk keamanan pengendara, misalnya sensor pengereman mendadak hingga sensor airbag sistem yang dapat bekerja secara otomatis ketika terjadi tabrakan.

_rhiel_

Posting Komentar