Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Website Instan

Mengenal Wordpress dan Fiturnya

Tidak jarang rekan kerja dan teman seprofesi menanyakan platform apa yang mudah dipakai selain blogger? katanya mudah menggunakan wordpress ya? seperti apa? apa perbedaannya dengan cms yang lain? untuk membuat e-commerce wordpress bisa tidak? dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Tentunya bukan hanya lingkungan saya saja yang bertanya, mungkin Anda sekalipun bertanya. Sebenarnya apa itu wordpress? dan seperti apa? Jika pertanyaan-pertanyaan itu muncul di benak Anda, Anda berada tepat di artikel yang akan menjelaskan mengenai wordpress secara lengkap.

Apa itu Wordpress?


wordpress adalah sebuah aplikasi yang berbasis open source (gratis) yang sangat populer digunakan sebagai platform untuk membangun suatu website atau blog. Wordpress dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman php dan menggunakan Mysql sebagai basis datanya. Tidak jarang pendapat orang-orang mengenai wordpress hanya dapat digunakan untuk membuat blog saja, wordpress itu bersifat flexible dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain difungsikan sebagai blog, wordpress dapat digunakan sebagai website berita/majalan online, e-commerce dan forum.

Wordpress pada awalnya bernama cafelog yang dikembangkan oleh Michael Valdrighi. Kemudian Christine Selleck merubah nama cafelog menjadi WordPress. Dengan usaha keras dari Matt Mullenweg, pada tahun 2003 wordpress muncul dan akhirnya dikenal oleh dunia. Kenapa menjadi terkenal dan menjadi salah satu CMS (content management system) terbaik di dunia? selain kemudahan dalam menggunakannya, wordpress memiliki plugin dan template yang menarik untuk digunakan sesuai kebutuhan, selain itu wordpress memiliki forum komunitas pengembangan sistem secara terbuka.

Seperti halnya blogger.com, wordpress memiliki fasilitas gratis bagi Anda untuk membuat domain dan website. Pada blogger, domain Anda akan berakhiran (subdomain) .blogspot.com dan jika pada wordpress maka domain Anda menjadi namadomain.wordpress.com. Anda juga dapat merubah domain tersebut menjadi TLD dengan membeli domain pada perusahaan penyedia domain.

Wordpress memiliki 2 situs official, dimana ada perbedaan diantara keduanya itu. Apa perbedaan dari 2 situs ini?

  1. wordpress.com
    Pada situs ini, Anda dapat membuat website secara gratis, sama halnya dengan blogger.com. Buatlah akun pada situs tersebut, setelah itu buat domain kemudian Anda tinggal mengkonfigurasi dan menggunakannya dengan mudah. Namun, pada wordpress.com Anda hanya dapat menggunakan fasilitas seadanya, misalkan free theme, free plugin dan kapasitas sebesar 3gb.

  2. wordpress.org
    Pada situs wordpress.org disinilah aplikasi/script instalasi itu berada, selain Anda dapat melakukan download wordpress untuk diinstal sendiri, pada situs tersebut terdapat informasi mengenai theme, plugin, komunitas, blog, pamer website, dan hosting. Anda dapat mengkonfigurasinya dengan bebas, dan besaran kapasitas penyimpanan disesuaikan dengan paket hostingan Anda.


Apa Fitur dan Keunggulan Wordpress?


Bagian terbaiknya adalah wordpress mudah untuk digunakan dan fleksible untuk dapat dikembangkan. Menurut sebuah survei, WordPress menguasai 28% dari semua situs yang ada di dunia. Karena fitur yang powerfull, perusahaan besar menggunakan platform wordpress misalnya Majalah Time, Disney, LinkedIn, The New York Times, CNN, eBay, Obama Foundation, Angry Birds, Vogue, website Universitas dan lainnya. Lalu apa saja fitur dan keunggulannya? simak point-point berikut ini:

  • Memberikan Kebebasan dan Berekspresi 


Karena wordpress ini berbasis opensource, Anda bebas untuk mendownload, menginstall, menggunakannya dan memodifikasi. Anda dapat menggunakannya untuk jenis website apapun. Saat ini ada 3500+ tema WordPress dan 51.000+ plugin yang tersedia secara gratis hingga premium (berbayar). Anda dapat mendownload, menginstal dan menggunakannya di situs web manapun dan menggunakan tema dan plugin itu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam menjalankan platform WordPress dengan menggunakan server sendiri/hosting, yang anda butuhkan hanyalah domain dan web hosting. Pilihlah perusahaan yang terbaik untuk layanan tersebut. Ada baiknya Anda membaca mengenai tips dalam memilih webhosting agar Anda tidak mudah terpedaya dan tertipu yang menyebabkan ketidakpuasan bahkan kerugian.

Wordpress terus berkembang karena dikelola juga oleh komunitas, yang sebagian besar adalah konsultan wordpress yang aktif dalam mengembangkan fitur dan keamanan platform tersebut.

  • Mudah Untuk Digunakan dan Dipelajari


Saat ini, WordPress sudah digunakan oleh jutaan orang dan hampir setiap hari selalu ada pendaftar dan bergabung dengan komunitas WordPress dan membuat situs web berbasis WordPress. Alasan mengapa orang cepat beradaptasi dengan WordPress adalah karena cukup mudah digunakan, navigasi yang tidak rumit, fungsi-fungsi menu yang jelas dan dokumentasi yang mudah untuk dipahami.

  • Penggunaan Plugin dan Template


Kebanyakan user yang menggunakan platform WordPress bukanlah developer atau programmer handal, namun tidak menutup kemungkinan juga seorang programmer menggunakan wordpress. Maka pengelolaan dan pengunaan plugin juga template menjadi salah satu unsur penting bagi Anda untuk mempercantik dan menyesuaikan website Anda.

WordPress super fleksibel dan bisa dikembangkan dengan menggunakan plugin. Ada ribuan plugin gratis dan premium yang tersedia untuk Anda gunakan. Plugin ini adalah tambahan fungsi pada website Anda, misalkan Anda ingin membuat e-commerce, maka gunakan plugin yang berkaitan dengan e-commerce tersebut misalnya woocommerce.

Alasan mengapa WordPress adalah karena tersedianya ribuan template gratis yang dapat Anda dipilih, sehingga Anda bisa memberi situs web Anda tampilan yang Anda inginkan dan sesuai dengan kebutuhan. Template itu meliputi kategori-kategori tertentu misalnya fotografi, tema majalah, tema portofolio, atau tema eCommerce.

Fungsionalitas Tema pada WordPress sangat mudah disesuaikan karena banyak dari penyedia atau pembuatan tema memberikan fungsi panel mereka sendiri sehingga Anda dapat mengubah warna, merubah logo, mengubah latar belakang, membuat slider, widget unik, dan melakukan hal-hal keren lainnya.

  • Support Berbagai Ekstensi Multimedia


Dalam menggunakan WordPress, Anda tidak hanya terbatas pada penulisan teks dan gambar saja. Sekarang wordpress muncul dengan dukungan built-in untuk menangani konten audio dan video. Anda juga bisa menggunakannya untuk pengelolaan dokumen atau file.

WordPress mendukung situs yang mengaktifkan Embedded video yang berarti Anda dapat memasukan video yang berasal dari YouTube, Instagram, Tweets, dan Audio dari Soundcloud dengan mudah, yaitu dengan hanya dengan menyimpan URL video atau audio tersebut pada artikel Anda. Cek artikel berikut untuk melihat contoh gallery dan embedded youtube video.

  • SEO Friendly


Yang terakhir inilah yang menjadi daya tarik WordPress, sama halnya dengan blogger, wordpress ditulis dengan menggunakan kode standar yang kualitas tinggi yang menjadikan platform wordpress sangat menarik bagi berbagai mesin telusur, khususnya google. Dengan kesederhanaan tersebut, mesin telusur dapat dengan cepat mengindex halaman situs wordpress dengan baik.

_rhiel_

1 komentar

  1. Mkasih dah berkunjung gan :)