Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Website Instan

Cara Setting Tenda N300 - Router Mode

Lama tidak posting, kali ini kita akan membahas kembali mengenai cara setting device. Device yang akan kita konfigurasi adalah Router Wireless Merk Tenda dengan Serie N300, dengan harga yang lumayan murah namun sudah memiliki fungsi dan fitur yang lengkap.

Mulai dari mode wifi yang bisa dirubah menjadi WPS, Repeater dan AP Mode. Untuk Topologinya masih sama dengan yang sebelumnya, namun ada beberapa email yang menanyakan perbedaan port yang digunakan, kenapa harus ke WAN ? kenapa harus ke LAN? dsb

Dalam artikel setting Tenda N300 ini akan dibagi kedalam 2 artikel saja, yaitu Router mode dan AP mode, untuk repeating sudah ada contoh sederha na pada artikel sebelumnya, konfigurasinya tidak jauh berbeda.

https://www.rhiel.id/2016/07/tutorial-access-point-tl-wa810n-sebagai_28.html

Kembali ke Tenda N300, ketika Anda membelinya, maka paket yang didapatkan adalah adaptor, kabel dan device juga buku petunjuk.

Sebagaimana router pada umumnya, Tenda N300 ini memiliki 4 port, yaitu 1 port WAN dan 3 Port Wan.


Oke lanjut saja, dalam artikel ini kita akan setting sebagai router. Ada pemahaman yang penting dalam setiap konfigurasi router. Jika dalam kondisi router, maka kabel dari isp disambungkan ke port WAN, kenapa? karena port WAN sebagai jembatan ke isp dan IP nya pun berbeda dengan port LAN.

Misal port WAN disetting 10.10.1.35 maka kita dapat membedakan port Lan nya dengan IP yang berbeda. Misal 192.168.0.1/24 dengan DHCP yang ditentukan pula.

Konfigurasi

Yang harus dilakukan pertama kali adalah, Anda harus terhubung dengan Wifinya, kemudian cek IP apakah sudah dapat IP LAN sesuai device?


Jika sudah, buka browser Anda bisa dengan menggunakan IP gateway 192.168.0.1

atau dengan DNS Tenda
tendawifi.com

maka akan muncul QuickSetting, lakukan konfigurasi pada halaman ini


Terdapat 3 Tipe koneksi, yaitu

  • PPOE = ini jika Anda tidak menggunakan modem bawaan dari ISP
  • Dynamic = Port Wan Anda akan mendapatkan IP sesuai dhcp yang diberikan
  • Static = Router Tenda di setting IP secara manual untuk memudahkan monitoring/konfigurasi

Baiknya pilih menu static dan setting IP Sesuai segment dari WAn tersebut.
Kemudian, untuk Wireless setting, masukan SSID wifi tersebut dan password untuk menjaga user yang tidak berkepentingan masuk. Jika sudah, klik tombol OK, kemudian tunggu beberapa saat dan akan muncul SSID baru dengan kondisi status Secure



Sambungkan dengan SSID tersebut, kemudian silahkan buka kembali halaman administrator 192.168.0.1 atau menggunakan wifitenda.com maka akan muncul halaman seperti berikut ini


dapat dilihat pada gambar diatas, dalam mode Router, Anda bisa mendapatkan banyak fungsi sebagaimana router lainnya, seperti Bandwidth control, parental control, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk mengkonfigurasi Administrator password untuk mencegah akses masuk ke router kita, untuk setting password terdapat pada memnu Administration.


Masukkan passwrod pada bagian Login Password, jika sudah klik tombol OK. Selesai sudah konfigurasi dasar router Tenda N300 dengan Mode Router, pada artikel berikutnya, akan dilanjutkan pembahasan mengenai Mode lainnya yaitu AP Mode.

Demikian, semoga bermanfaat

_rhiel_

1 komentar

  1. Mau tanya om, Saya pakai tenda f3 beli bekas. Tapi settingan kok tidak ada mode universal repeater ya? Mungkin bisa bantu om ...