Website Instan

6 Doa untuk Orang Sakit Anjuran Rasulullah SAW Supaya Cepat Sembuh

 

INDOZONE.ID - Manusia merupakan ciptaan Allah SWT yang paling sempurna, selain manusia allah juga menciptakan makhluk-makhluk lainya seperti penyakit,

Setiap manusia bisa jatuh sakit kapan saja dan menderita penyakit apa saja. Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk membaca doa ketika mendengar atau menjenguk orang sakit.

Doa untuk orang sakit ini sudah pernah dipanjatkan oleh Rasulullah SAW ketika istri dan sahabat beliau sakit, guna meminta kesembuhan kepada Allah SWT.

Doa orang sakit juga menjadi amalan baik sekaligus bentuk kepedulian kepada orang yang tengah sakit.

Dengan memberikan doa kepada orang yang sedang sakit, maka penyakit tersebut akan sembuh atas izin Allah SWT, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

"Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu Wa Ta'ala." (HR. Muslim).

Doa untuk Orang Sakit Anjuran Rasulullah SAW

jika  kamu hendak mendoakan orang yang sedang sakit, sumber artikel ini merangkum beberapa kumpulan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang diajarkan Rasulullah SAW.

Doa untuk Orang Sakit Anjuran Rasulullah SAW

jika  kamu hendak mendoakan orang yang sedang sakit, sumber artikel ini merangkum beberapa kumpulan doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh yang diajarkan Rasulullah SAW.

  1. Doa untuk kesembuhan orang sakit

Ilustrasi orang sakit (photo/unsplash/@olga_kononenko)

Doa untuk kesembuhan orang sakit sering dipanjatkan Rasulullah SAW untuk mendoakan sahabat beliau yang sedang sakit.

Berikut ini bacaan doa kesembuhan orang sakit yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW:

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa'a illa syifaauka syifaa'an laa yughadiru saqaman.

Artinya: "Ya Allah Rabb manusia, Dzat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau Dzat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit." (HR. Bukhari)

  1. Doa menjenguk orang sakit

Ilustrasi orang sakit (photo/unsplash/@nci)

Ketika mengunjungi orang yang sedang sakit, indozone merekomendasikan  doa yang sering dibacakan Rasulullah SAW untuk meminta kesembuhan kepada Allah SWT.

Adapun doa menjenguk orang sakit yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW sebaiknya dibacakan 7 kali, yaitu sebagai berikut:

As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka.

Artinya: "Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang Agung semoga Dia menyembuhkanmu."

  1. Doa orang sakit dengan sebutan nama

Ilustrasi membaca doa orang sakit (photo/pexels/@baybiyik)

Memanjatkan doa untuk orang sakit secara khusus akan lebih afdal jika disertakan dengan nama lengkapnya di dalam doa.

Berikut ini bacaan mendoakan orang sakit dengan sebutan nama yang bisa kamu panjatkan kepada Allah SWT.

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa 'afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika.

Artinya: "Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia." (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

  1. Doa untuk orang sakit supaya cepat sembuh

Ilustrasi orang sakit (photo/pixabay/SharonMcCutcheon)

Suatu ketika istri Rasulullah SAW, Aisyah jatuh sakit. Saat itu pula Rasulullah SAW memanjatkan doa kepada Allah SWT meminta kesembuhan Aisyah.

Sumber artikel ini merayakan doa orang sakit agar supaya cepat diberi kesembuhan yang dibacakan Rasulullah SAW untuk mendoakan Aisyah:

Amsihil ba'sa rabbannaasi biyadikas syifaa'u laa kaasyifa lahu illa anta.

Artinya: "Hilangkanlah rasa sakit wahai Rabb manusia, di tangan-Mu lah segala kesembuhan, dan tidak ada yang dapat menyingkap penyakit tersebut melainkan Engkau." (HR. Buhari Muslim)

  1. Doa mengobati tubuh yang sakit

Ilustrasi orang sakit (photo/pexels/@ivan-samkov)

Doa untuk mengobati tubuh yang sakit bisa dipanjatkan ketika mendapati anggota tubuh terasa nyeri sambil memegang bagian tubuh tersebut.

Doa ini adalah bacaan ruqyah sederhana untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT supaya segala penyakit yang ada di dalam tubuh diangkat.

Bismillah (3x). A'udzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir (7x).

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai." (HR. Muslim)

Selain doa di atas, ada juga doa untuk diri sendiri sakit yang dipanjatkan Nabi Ayyub AS ketika menderita suatu penyakit

Doa tersebut tercantum dalam Alquran surat Al-Anbiya ayat 83 dengan bunyi sebagai berikut:

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

  1. Doa untuk orang sakit

Ilustrasi membaca doa untuk orang sakit (photo/unsplash/@jeremyyappy)

Utsman bin Affan adalah salah satu sahabat utama Nabi Muhammad SAW. Suatu hari Utsman bin Affan jatuh sakit.

Rasulullah SAW kemudian memanjatkan doa untuk orang sakit kepada Allah SWT dengan bacaan sebagai berikut:

Bismillahirrahmaanirrahim, u'idzuka billah al-ahad ash-shamad alladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahu kufuwan ahad min syarri maa tajid.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku mendoakanmu dengan nama Allah Yang Esa, yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu, yang tiada beranak dan tidak pula diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia, dari segala keburukan yang engkau temui."

Demikianlah  rekomendasi beberapa kumpulan doa yang sering dibacakan ketika orang sakit supaya cepat diberi kesembuhan oleh kepada Allah SWT.

Selamat mencoba!

Post a Comment